Senin, 24 Juni 2013

Mechanical Engineering, Lest Rock !!!


Ketika mendengar kata Teknik Mesin, kebanyakan orang  pasti akan berfikir mengenai Oli, bengkel, Kotor, bau dan lain sebagainya.

Tetapi apakah benar Jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang seperti itu?
Muncul pertanyaan sebenarnya apa sih yang di pelajari di jurusan Teknik Mesin?

Mechanical Engineering berasal dari 2 kata "Mechanical" yang berarti Mekanika dan Engineering yang berarti "Rekayasa", sehingga Mechanical Engineering dapat diartikan sebagai Teknik/Rekayasa Mekanika, Seharusnya Mechanical Engineering dalam bahasa indonesia disebut Teknik Mekanika bukan Teknik Mesin. 

Di Jurusan Teknik Mesin, banyak yang dapat dipelajari, diantaranya Ilmu Material, Ilmu Konversi, Ilmu Produksi dan Ilmu Kontrusksi. Maka tak heran Ilmu teknik Mesin memiliki pengaplikasian yang teramat Luas. 

Pada konsentrasi Ilmu Material , memfokuskan diri untuk mempelajari ilmu  bahan, menganalisa serta merekayasa sifat-sifat material untuk mendapatkan sifat yang sesuai dengan  kebutuhan komponen yang akan dirancang. Di Ilmu material juga dipelajari mengenai Korosi/ karat , yang sampai sekarang selalu menjadi masalah besar di Mesin.

Sedangkan pada Konsentrasi Ilmu Konversi Energi, memfokuskan diri untuk mempelajari bagaimana mendapatkan Efisiensi Energi yang mendekati ideal , sangat erat kaitannya dengan bahan bakar, engine (turbin, pompa, kompressor, dll). Yang mana saat ini berlomba-lomba untuk menciptakan sumber energi baru dan terbarukan.

Ilmu Produksi, memperlajari mengenai semua hal dalam memproduksi suatu komponen. Yang mana akan mengarah pada efisiensi Cost (Modal). Toleransi , Metrologi (Pengukuran) dan pengetahuan mengenai Gambar Teknik sangat dibutuhkan pada bidang konsentrasi ini, disamping pengetahuan mengenai teknologi baru dalam Bidang Produksi.

Yang  terakhir adalah Ilmu Kontruksi, yang mana berperan besar dalam hal Perancangan. Pengetahuan mengenai Statika, Mekanika kekuatan Material,  Kinematika dan Dinamika serta Getaran. Dan menganalisis bagaimana agar suatu Komponen Mesin tahan terhadap an dari luar (gaya).

Memang tak dapat dipungkiri Jurusan Teknik Mesin pasti tak akan luput dari namanya bengkel, pabrik. Tetapi tak menutup kemungkinan juga para lulusan Teknik Mesin untuk bekerja didepan komputer. Bagaimana Tertarik menjadi Mechanical Engineer? -Windy Lusia (pku)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar